YOTRadio: Stephanie Hermawan

Kinda late to post this thing, Guys! I’m so sorry..

Okay, sekarang gue kembali posting tentang YOTRadio, tanggal 10 Agustus kemarin. Yang jadi narasumbernya kali ini adalah seorang CEO dari sebuah brand furniture di Indonesia. Dia adalah Stephanie Hermawan, CEO dan Managing Director Arbor & Troy. Lulusan Bachelor of Arts, majoring in Economics, di University of Michigan ini graduates with Honor!Nahh, samapi sini ada yang udah tau kita bakal bahas soal apa? Of course, Entrepreneurship! Stephanie akan berbagi tips-tips menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha.

Stephanie bilang, kalau mau menjadi seorang entrepreneur itu butuh PhD!! Wah, berarti kalau mau jadi pengusaha harus sekolah sampe S3 dulu nih? Sampe jadi Doktor? Bukan! Yang dimaksud PhD ini adalah PASSION, HUNGER, DRIVE.. Kenapa Passion, Hunger, and Drive?

1. Passion: Sangat penting untuk memiliki passion. Passion itu seperti api. Kalau nggak ada Passion, seperti nggak ada yang membangunkan kita di pagi hari. Membuat kita jadi males-malesan buat menjalankan bisnis ini. Ketika kita bangun di pagi hari, seperti ada yang mendorong kita untuk melakukan yang terbaik, jika kita memiliki Passion tersebut.

2. Hunger: If you are not hungry, tha\en you won’t eat. Is that right? Bener kan? Kalau kita nggak lapar, kita nggak akan makan. Lapar itu lah yang mendorong kita untuk makan. Maka dalam konteks ini, lapar itulah yang mendorong kita untuk bangun, mengejar impian kita. I mean HUNGRY FOR A SUCCESS.

3. Drive: Untuk menjadi seorang pengusaha, “Just drive your car to your destination. If you don’t drive, then you won’t get to your destination!” Is that right? Bener kan? Just drive, mulailah, cobalah, action from now! Kita nggak akan tau akhirnya kayak gimana kalau kita nggak mencoba nya di awal. Ya kan?

Be a flexible person. Try to Open Minded for everything. Jangan menjadi orang idealis yang hanya berjalan pada satu koridor saja. Jangan hanya fokus pada satu hal saja. Berusaha lah untuk melebarkan sayap, melihat dunia luar, melihat banyaknya peluang yang tersedia yang dapat dimanfaatkan menjadi sebuah bisnis.

Stephanie juga menekankan pentingnya memiliki banyak teman. Dengan teman, kita bisa mempunyai networking yang luas, dan untuk berbisnis, teman adalah modal yang paling pertama dibutuhkan. SOCIAL CAPITAL! Merupakan value yang paling tinggi. Kita bisa memulai memperkaya Social Capital kita dengan memperbanyak teman. Sangat sederhana kan? Social Capital sangat penting. Ketika Social Capital sudah terpenuhi, maka Financial Capital akan mengikuti dengan sendirinya. Jangan pernah ragu untuk bertemu dengan orang baru..

Jangan takut soal FINANCIAL CAPITAL! Kebanyakan entrepreneur itu mendapatkan modal awal dari pinjaman orang-orang terdekat. Mereka meminjam ke teman, ke saudara, ke keluarga. They did it. Mereka tentu belum bisa meminjam uang di Bank, karena prosesnya yang cukup ribet dan tidak semua Bank mau meminjamkan uang nya kepada setiap orang tanpa mempertimbangkan hal-hal tertentu. Dengan meminjam uang kepada teman, kerabat, dan saudara, membuat mereka mengetahui bahwa kita akan memulai sebuah usaha. Bukankah itu baik? Mereka akan secara tidak langsung juga men-support kita untuk membangun usaha tersebut.

Kalau ternyata kita nggak dapet pinjaman dari siapapun? Try to sell your idea! Kalau kalian punya ide, kalian bisa menjual ide kalian, kita bisa menarik orang untuk invest kepada kita. Ide itu priceless. Tinggal bagaimana cara kita mempresentasikan ide kita, sehingga orang tersebu tertarik untuk menginvestasikan dana nya dalam usaha kita. That’s why we need a network. Kita butuh banyak kenalan, teman. “Why people wanna invest to you, because they know who you are!”

Alright readers, Are you inspired? Let’s share these lessons to everyone.
 Sharing is fun!!

Cheerio :D

Posted by @vilisarnie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s