The Beauty of Beras Basah: Little Heaven in Borneo

Udah lama banget sebenernya gue pengen ke pulau beras basah. Buat yang belum tahu nih, pulau beras basah itu masuk dalam bagian kota Bontang di Kalimantan Timur, kota dimana gue dilahirkan dan dibesarkan. Untuk menuju kesana, kita harus naik kapal atau speedboat sekitar 20-30 menit. Jujur sampe umur hampir 20 tahun, gue sama sekali belum pernah yang namanya ke pulau beras basah. Makanya pas gue lagi libur sekarang dan pulang ke Bontang, gue ngotot banget kali ini harus bisa ke beras basah. Masa udah hidup 20 tahun tapi belom sekalipun ke beras basah, yang katanya indah banget, gak kalah sama Karimunjawa atau Raja Ampat.

Okay, mulai cari temen. Untungnya Fadil, temen gue dari Jakarta juga pulang. Pas gue bilang gue pengen ke beras basah, dia antusias. Bagus! Dia bisa dijadiin sarana buat nyari temen-temen yang lain. Akhirnya ketemu sekitar tujuh orang. Langsung survey harga sewa kapal. Ada yang 450 ribu, ada yang 500 ribu, ada yang 700 ribu. Akhirnya kita pilih yang 500 ribu (pulang pergi, dan ditungguin). Idenya muncul pas hari selasa, hari kamis kita berangkat. Bener-bener mendadak ya persiapannya.

Sampai juga di hari kamis, 2 Februari 2012. Akhirnya total ada 10 orang yang ikut. Patungan gocap-gocap, langsung berangkat! Excited? Jelas, ini kali pertama gue ke beras basah selama gue hidup, dan berusaha untuk stay cool dan nggak keliatan norak.

Mulai naik kapal sekitar jam setengah 9 pagi, dan menempuh sekitar 20-30 menit. Gelombang lautnya tenang, nggak seperti di Jawa yang katanya lagi gelombang tinggi. Perjalanan kerasanya lama banget, mungkin karena gue udah ngga sabar pengen cepet-cepet sampe yaa.

Akhirnya sampai juga! Welcome to Beras Basah Island. Pulau kecil yang cuma mempunyai luas kurang lebih satu lapangan bola (bahkan lapangan bola masih kegedean), dikelilingi pantai dengan pasir putih dan air laut yang super jernih. Pemandangan di pulau ini juga dipercantik dengan adanya mercusuar. Jangan kira di pulau ini rame orang. Asli sepi banget ga ada orang disini. Sebenernya di pulau ini ada penghuninya, ada satu rumah panggung berbentuk pondok untuk tempat petugas penjaga pulau ini. Tapi kelihatannya dia juga nggak menetap di pulau ini, tapi ngelaju setiap hari Bontang-Beras Basah. Waktu pertama kali kita sampai, ya cuma ada 12 orang deh (yang gue lihat). Kita 10 orang, 1 supir speedboat kita, 1 lagi penjaga pulaunya.

Gue nggak bohong, pemandangan disini indah banget. Ini yang bikin gue ngotot banget pengen kesini. Cuma sayang, waktu gue dateng, langitnya kurang cerah, penuh awan, agak sedikit mendung walaupun ada matahari.  Yang pertama gue lakuin pas sampai disitu? Langsung keluarin kamera plus tripod. Mungkin bisa-bisa cuma sekali seumur hidup gue kesini, jadi sayang banget kalo pemandangan indah disini nggak gue abadikan. So, here are some photos that you may look.

For your information, disini ngga ada yang jual makan atau minuman. Jadi semuanya bawa sendiri. Dan, karena hari udah semakin panas, matahari semakin terik, kita memutuskan untuk pulang. Agak kurang puas sebenernya, kurang lama. Seandainya bisa nginep disitu semalem aja, gue mau! Good bye Beras Basah, see you when I see you.

Tips buat yang mau ke Beras Basah, kalau dari luar Kalimantan, kalian bisa masuk ke Kalimantan Timur dari Balikpapan (naik pesawat dan mendarat di Balikpapan). Dari Ballikpapan ke Bontang bisa memakai Bis, lama perjalanan sekitar 5-6 jam. Bisa pakai bis Samarinda Lestari, tarifnya cuma 85ribu kok, itu udah AC. Setelah sampai Bontang, bisa ke pelabuhan Bontang Kuala atau Tanjung Laut untuk naik kapalnya. Tarif sewa kapal pulang pergi seperti yang sudah saya tulis di atas ya, bervariasi antara 450-700 ribu. Satu kapa bisa muat sampai 15 orang, jadi bisa patungan. Karena di Beras Basah nggak ada penginapan, solusinya bisa menginap di Bontang.

Cheerio :D

Posted by @vilisarnie

Leave a Reply

