Semburat Fajar di Pondok Kopi Sidomukti

DSC_0163

Matahari yang terbit dan tenggelam merupakan suatu hal yang penting bagiku. Tentunya bukan saja bagiku, tetapi juga bagi seluruh makhluk penghuni bumi ini. Akan tetapi, aku menaruh hati pada dua peristiwa itu. Terbit, dan tenggelamnya sang penerang yang paling tulus di alam ini.

Dua peristiwa itu menjadi perantara komunikasiku antara aku dengan penciptaku.

Terbitnya sang penerang membuatku selalu bersyukur akan umur yang diberikan sang pencipta. Tenggelamnya ia mengawali terima kasihku atas karunia-Nya di hari itu. Dua peristiwa itu menjadi perantara komunikasiku antara aku dengan penciptaku.

Suatu malam di bulan November, aku tak ingin esok pagi hanya menikmati terbitnya sang penerang lewat balcony kamarku. Aku ingin lebih dekat dengannya, menghirup udara yang lebih menenangkan, ditemani segarnya embun yang pagi itu akan pergi untuk kembali datang esok hari. Umbul Sidomukti terlintas di benakku. Puluhan kilometer tak menyurutkan niatku, mendaki 1.700 meter tak menghalangi semangatku, teman-temanku tak kuasa menolak ajakanku.

DSC_0162Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Di tengah-tengah semburat fajar yang semakin memerah, aku mengucap kata-kata indah kepada penciptaku.

IMG_20141106_230656

Di kaki gunung Ungaran, kepada sang penerang yang terbit di antara celah pohon pinus, kutaruh hatiku. Detik-detik yang begitu berharga, melatihku untuk memaknai setiap waktu yang bergulir, karena indahnya begitu cepat berlalu.

IMG_20141104_135451

Diiringi embun yang segera beranjak pergi, kuhirup sisa-sisa kedamaian malam tadi. Diiringi embun yang segera beranjak pergi, sang penerang meninggi menunjukkan kuasa-Nya. Membangunkan raga yang terlelap, menggugah jiwa yang bermimpi, untuk segera diwujudkan.

Kutaruh hatiku di Sidomukti. Suatu saat aku akan kembali.

Leave a Reply

