Krida Art Group (Part-5): Jalan-Jalan ke Atomium, Brussels

Brussels_76794490_sRGB_fc

Setelah berhari-hari berkutat dengan manggung di sana-sini dan festival, ada satu hari dimana kami jalan-jalan. We’re going to Belgium! And the destination is Brussels. Pagi hari kami dianter sama Guess Parents ke Meulenhaat, tempat biasa berkumpul. Pasa saya sampai di sana sudah ada bis besar yang nunggu dan beberapa temen yang udah datang. Saya inget cuaca pagi itu dingin, sedikit lebih dingin dari biasanya. Padahaaal ini musim panas.

We’re so excited cause we’re going to another country. Kayanya heboh banget kan mau ke Negara lain. Padahal jarak dari Sluiskil ke Brussels cuma sekitar 90 km. Dan jalannya itu lewat jalan tol, yang waktu tempuhnya ngga sampai dua jam. Ngga perlu memperlihatkan paspor dan visa karena visa nya udah pakai visa Schengen, yaitu visa untuk Negara-negara Uni Eropa yang masuk dalam Schengen Area. Jadi ngga kerasa gitu, tau-tau udah masuk Belgia aja gitu. Ngga inget juga batas negaranya, kayanya cuma semacam pintu tol? Brussels adalah ibu kota Negara Belgia. Sejak perang dunia kedua berakhir, Brussels menjadi pusat politik internasional dan kota tujuan para politikus, diplomat, pegawai sipil, dan organisasi internasional. Saat ini Brussels menjadi ibu kota Uni Eropa, selain Luxembourg dan Strasbourg.

Sampai di Belgia, tujuan pertama kami di kota Brussels adalah Atomium. Atomium ini merupakan salah satu ikon kota Brussels. Atomium memiliki sejarah yang dimulai dari tahun 1958 dalam rangka Brussels World’s Fair atau Exposition Universelle et Internationale de Bruxelles. Sang perancangnya merancang menara Atomium karena pada masa itu teknologi atom dianggap sebagai teknologi yang paling hebat.

Tinggi Atomium ini mencapai 102 meter. Terdapat Sembilan bola raksasa dengan diameter 18 meter yang dihubungkan dengan eskalator dalam silinder. Saya suka banget lihat bola-bola itu, mengkilap banget sampai bisa memantulkan seperti cermin. Tiap-tiap bola punya fungsi yang berbeda. Bola utama di bawah berfungsi sebagai pondasi dan jalan masuk. Bola-bola lainnya berfungsi sebagai ruang pameran, ruang bermain anak, ruang konferensi, ruang istirahat, dan juga restoran. Di tiap bola terdapat kaca besar untuk melihat sekeliling Atomium dari ketinggian. Tapi paling asyik ya lihat dari bola yang paling atas. And I made it to the top! Oya, tiket masuknya waktu itu untuk dewasa 9 Euro dan anak-anak 6 Euro.

IMG_0165IMG_0111Dari pertama kali datang dan lihat menara ini, wah sempet kaya ngga percaya sih. Kayanya dulu cuma pernah lihat di tv doang ada bangunan dengan bentuk unik begini. Dan sepertinya lagi-lagi masih agak kepagian, jadi sempet nunggu dulu di luar. Begitu udah buka, langsung masuk, dan mulai naik satu per-satu ke bola-bola itu. Isinya kebanyakan ruang pameran, menampilkan ilustrasi-ilustrasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menarik juga. Sayangnya saya ngga foto-foto karya-karya yang ada di dalam sana. Nyeselnya baru sekarang deh.

Akhirnya sampai di bola yang paling atas. Dari kaca yang besar kita bisa lihat dengan jelas sekeliling Atomium ini.

Place de Belgique

Place de Belgique

Place de Belgique atau Heizel Paleis merupakan gedung parlemen Belgia, yang sekarang menjadi sebuah convention & exhibition center dengan 12 halls dan 2 auditorium. Tempat ini juga biasa disebut Brussels Expo.

Heysel Stadium

Heysel Stadium

King Baidouin Stadium atau Heysel Stadium. Merupakan stadion utama bagi timnas sepakbola Belgia dan timnas Rugby Belgia. Stadion ini terkenal dengan peristiwa Tragedi Heysel Stadium, yang pada tahun 1985 menggelar partai final European Cup atau yang sekarang menjadi Liga Champions, antara Juventus melawan Liverpool. Dalam peristiwa itu terdapat 39 orang suporter yang tewas karena terjadi bentrok antara kedua suporter.

Mini Europe

Mini Europe

Mini Europe. Ini kalo di Indonesia mungkin seperti TMII. Jadi merupakan sebuah taman yang di dalamnya berisi miniature-miniatur landmark terkenal dari berbagai Negara di Eropa. Sangat menarik, dan mirip aslinya.

Ngga terasa waktu cepat berlalu, dan kami harus kembali turun untuk menuju tempat selanjutnya. Tempat selanjutnya, Mini Europe! Di part-6 aja yaa :)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s