Kunci Untuk Sukses?

pexels-photodfSaya sudah membaca tulisan-tulisan itu semua. Saya sudah baca artikel-artikel yang menjanjikan saya sukses diantara yang lain, dijamin suksesnya, sukses dalam 5-7 step mudah, dan lain-lain. Saya sudah baca itu semua untuk alas an yang sama seperti kalian, karena saya merasa tersesat, ngga jelas, ngga tau arah, dan butuh guide untuk memandu saya.

Tapi itu semua ngga bikin hidup saya lebih baik, ngga bikin saya jadi lebih baik, ngga bikin saya menang. Saya menghabiskan tahunan, mencari-cari kunci sukses, mencoba meyakini bahwa ada beberapa cara rahasia untuk menaklukan dunia ini.

Tahun-tahun itu terbuang begitu saja. Terbuang karena kunci sukses sebenernya ngga ada. Ngga ada formulanya untuk menjadi sukses. Ketika kita mencari kuncinya, maka sebenernya kita mencari jalan pintas dan sebuah jaminan, cara yang mudah. Like a cheat code in the game of life. Saya menjadi melewatkan banyak hal, yaitu pengalaman, passion, dan momen-momen membahagiakan, karena yang saya mau hanya cara untuk menang/sukses.

Now I’ll tell you, the best advice I’ve ever heard is the worst advice I’ve ever heard. Terbaik, karena ini bisa dicoba, benar adanya, dan memang berguna. Tapi terburuk karena sangattt berat untuk diikuti dan sebenarnya kita semua udah tau.

Ini nasehat yang dikatakan ke saya ketika saya keras kepala dan arogan untuk mendengarkannya, dan ini nasehat yang orang tua berikan ketika kita mendapat pekerjaan pertama kita.

Kerja! Cuma dengan itu kamu bisa dapatkan apa yang kamu mau!

“You’ve got to put the work in, because it’s the only thing that pays off. It’s the only way to get what you want” – Jon Westenberg.

Kita udah sering dibilangin begitu, dan kita berusaha untuk mengabaikannya, karena menempatkan pekerjaan pada tempatnya terdengar berat. Dan terdengar seperti membutuhkan waktu yang panjang, ngga bisa instan. Ngga perduli seberapa banyak artikel yang bilang tentang kunci sukses Richard Branson atau Jack Ma, mereka berdua itu Kerja! Mereka menyelesaikan apa yang harus diselesaikan setiap harinya.

Kalau kita menghindari pekerjaan dengan mencari kunci-kunci sukses itu, kita hanya membuang waktu, dan membuat diri kita down. Hemm dan satu hal, saya ngga bisa menjamin dengan bekerja, menempatkan pekerjaan pada tempatnya bisa membuat kita sukses, tapi dengan tidak bekerja berarti kita sudah gagal.

You do have to take the work seriously, and you do have to battle through it. There are no “keys to success”-it’s all bullshit. You need to focus, you need to get mean, you need to get it done.” – Jon Westenberg.

Leave a Reply

