Tidak Ada Waktu Yang Terbuang

wood-landing-stage-sea-flying

Terkadang ketika saya lagi down, saya mulai menyalahkan diri saya atas waktu yang terbuang. Saya mulai berpikir saya membuang waktu untuk pekerjaan, sekolah, bisnis, kegiatan-kegiatan yang ngga terlalu saya minati. Tapi sekarang saya mencoba melihatnya dengan cara yang berbeda. Itu semua membawa saya pada sebuah insight, sebuah makna–sehingga, semua itu bukan lagi waktu yang terbuang.

Semua itu, semua waktu yang terbuang itu telah membawa saya pada sebuah makna, yang membawa saya pada kehidupan yang sekarang saya jalani, yang saya lakukan.

Semua waktu yang terbuang saat lama-lama berkuliah membuat saya lebih menghargai waktu dan kesempatan. Karena terdapat banyak kesempatan yang terlewat dan tidak datang untuk kedua kalinya.

Semua waktu yang terbuang saat membangun bisnis membuat saya mengerti bagaimana membangun sesuatu lebih mudah dari pada membesarkan dan menjaganya. Yang terpenting adalah menjaganya dan terus berkembang menjadi lebih baik.

Semua waktu yang terbuang saat mencari pekerjaan membuat saya menyadari bahwa lebih cepat belum tentu lebih baik. Yang lebih cepat, bisa jadi karena terburu-buru atau karena taka da pilihan lain. Yang baik adalah, tepat pada waktunya.

Semua waktu yang terbuang saat gagal menjalin hubungan dengan seseorang membawa saya pada sebuah introspeksi diri dan membenahi pembawaan serta pengertian yang lebih baik.

Semua hal di atas adalah hasil dari insight. Kata-kata pertama dari setiap poin di atas begitu tidak mengenakkan. Kata-kata berikutnya adalah momen-momen baik yang dihasilkan dari kata-kata pertama. Sebuah insight.

Desain kehidupan ini ternyata begitu sempurna.

Tidak ada kesalahan dalam dunia nyata ini. Kesalahan itu hanya pada persepsi kita. Tidak ada waktu yang terbuang. Itu adalah sesuatu yang harus kita lewati sebelum sampai di masa saat ini, sebelum kita menjadi diri kita yang sekarang.

Leave a Reply

