Krida Art Group (Part-9): Brunssum!

brunssumHello Brunssum! Setelah kurang lebih 10 hari kami berada di Sluiskill, Terneuzen, kali ini kami berpindah base menuju Brunssum. Brunssum merupakan sebuah kota kecil di propinsi Limburg. Brunssum bersebelahan dengan municipality di sekitarnya yaitu Heerlen, Maastricht, dan Sittard-Geleen. By the way about Sittard-Geleen, jadi waktu saya di Belanda ini sebenernya ayah saya juga lagi ada di Belanda. Tapi itu sewaktu saya masih di Terneuzen, sedangkan ayah saya di Sittard, lagi dinas di kantornya. Pengen ketemu sih sebenernya tapi jarak dan waktunya ngga memungkinkan. Sampai akhirnya saya pindah ke Brunssum, dan ternyata deket sama Sittard. Tapi sayangnya pas saya ke Brunssum, ayah saya udah pulang ke Indonesia haha.

Kalau kemarin Terneuzen ada di sebelah barat daya, kalau Brunssum ini terletak di sebelah tenggara. Perjalanan kami menggunakan bis dari Sluiskil, ditempuh selama kira-kira dua jam. Tapi saya lupa perjalanannya, sepertinya banyak tidurnya haha. Tau-tau bis sudah sampai di dorm tempat kami akan menginap. Ya, selama di Brunssum kami akan tinggal di dorm. Dan di dorm yang besar ini kami tinggal juga bersama dengan orang-orang dari Negara lain. Dorm nya ini kalo ngga salah adalah dorm dadakan. Jadi sebenernya ini adalah gedung sekolah, yang disulap menjadi dorm. Jadi kamar kami adalah sebuah ruangan luas berisi deretan kasur-kasur tingkat dua. Saya ternyata ngga punya foto dorm yang jelas, dan cuma punya ini.

IMG_0181Sempet muncul masalah, karena kamar kami adalah ruangan besar, dan tidak ada sekat sama sekali. Si cewek-cewek nih yang bingung, masa iya ngga ada pemisah sama cowok-cowoknya. Si penyelenggara pun tidak mempertimbangkan hal itu sebelumnya, karena mungkin pikir mereka lumrah saja kalau cowok dan cewek digabung dalam satu kamar. Sampai akhirnya kami menemukan papan dan kain yang bisa digunakan untuk sekat. Aman!

Kami akan berada di Brunssum kurang lebih selama dua minggu. Ya, di sinilah yang paling lama kami tinggal. Selama di Brunssum, kami akan mengikuti sebuah festival yaitu World Folklore Festival Parade Brunssum. Ini merupakan folklore festival besar yang diadakan setiap empat tahun sekali, seperti piala dunia atau Euro, dan diikuti oleh lebih banyak Negara. Sekitar 30 negara. Banyak! Banget! Dan saya suka banget, selama di Brunssum ini, suasananya festival banget. Karena Brunssum juga bukan kota yang besar, dan Negara partisipannya juga banyak, jadi di jalan-jalan pun kita sering ketemu dengan sesame peserta dari Negara lain, banyak atribut-atribut festival yang dipasang di sepanjang jalan, banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan bersamaan. Restoran empat kami makan pagi siang dan malam pun sama, di tempat namanya D’R Brikke Oave.

IMG_0226Saya juga suka dengan lingkungan di sekitar dorm kami. Asri banget, banyak pepohonan, dan setiap kami mau ke restoran, kami selalu melewati danau, yang ada tamannya, dan air mancurnya. Bagus! Dan spot ini lah yang paling saya suka. Kadang kalau sore-sore pulang manggung, suka lewat tamannya, cari tempat duduk, bersantai, karena cuacanya juga enak banget.

IMG_0207 IMG_0206 IMG_0186

Selama festival di Brunssum ini kegiatan yang berkaitan dengan festival juga lebih banyak dan lebih variatif. Jadi bukan cuma manggung aja. Ada workshop, parade, party, jalan-jalan, dan yang lainnya. Lebih seru, dan memang di Brunssum inilah yang menurut saya paling seru. Lebih lengkapnya nanti di part-part selanjutnya ya. Semoga saya masih bisa ingat semua :)

3 thoughts on “Krida Art Group (Part-9): Brunssum!

    • vilisarniee says:

      Seriously? Bisa dibuka kok gambarnya, cuma gambar yg pertama memang resolusinya lebih kecil dari yg lainnya. Tapi masih bisa dilihat :)

Leave a Reply

