Be a Creator

construction-work-carpenter-tools

“The only freedom you truly have is in yourmind, so use it.” – M.T. Dismuke

Dunia ini membutuhkan lebih banyak kreator, bukan konsumer. Kita bisa hidup sampai sejauh ini karena beberapa inovator dan kreator memilih untuk menciptakan sesuatu, membangun, membuat, melakukan, atau memulai sesuatu. Semakin dan semakin kita sibuk, kita semakin sedikit memiliki waktu untuk membuat, menciptakan sesuatu. Tapi kalo kita sadar akan hal itu, kita bisa mengubahnya.

Dulu saya pikir kalau saya tidak bekerja untuk sesuatu yang luar biasa, sesuatu yang bisa menyelesaikan permasalahan orang banyak, maka itu tidak bernilai tinggi. Tapi kemudian saya menemukan sesuatu hal, bahwa yang terpenting bukan untuk membuat sesuatu yang bisa merubah dunia, tetapi just simply create, sesimpel buatlah sesuatu, apapun. Bahkan salah satu rahasia untuk bahagia sebenarnya adalah kreasi.

When you create instead of consume, your capacity for pleasure increases, as opposed to your need for it. Being a creator gives you a far more lasting and deeply satisfying happiness than consuming ever will.” – Brett & Kate McKay.

Habiskanlah waktu dengan melakukan sesuatu yang membuat kita merasa lebih hidup. Walaupun hanya beberapa menit di setiap harinya, tidak apa-apa. Lakukan terus. Kita tidak harus membuat sesuatu yang diketahui banyak orang untuk membuat sesuatu yang berarti.

Ketika dunia ini membawakan kita sesuatu yang menarik, atau mungkin menjengkelkan, cobalah lakukan sesuatu. Cobalah memberikan sebuah pikiran, cobalah untuk berimprovisasi. Hidup seseorang bisa menjadi lebih baik karena kita mengambil sebuah langkah tertentu. A step to create.

Bagaimana kalau ternyata yang dunia ini butuhkan adalah kita? Bagaimana kalau ternyata ide kita begitu berarti, namun tidak pernah muncul ke permukaan karena kita lupa bahwa kita bisa membuat sesuatu? Kita ini kreatif. Setiap dari kita adalah kreatif. Kita dilahirkan untuk membuat sebuah kreasi. Kalau suatu waktu terlihat bahwa beberapa di antara kita terlihat lebih baik dari yang lain, well, wajar saja, karena itu bagian dari human being, seperti berjalan atau berbicara. Butuh berlatih.

Cobalah untuk menjadi creator dan kita akan menjadi lebih baik lagi. Dan ketika kita melakukannya, sampaikanlah pada teman, kolega, dan orang lain yang berharga bagi kita. Rayakan sebuah kreatifitas semenjak dari anak-anak, walaupun sebenernya belum make sense sama sekali.

Ken Robinson, pembicara dan penasihat internasional, dalam acara TED berargumen bahwa kreatifitas anak muda harus dirayakan dan dimanfaatkan daripada dipatahkkan karena sudut pandang kuno sebuah pendidikan.

Dunia ini butuh kita untuk berkontribusi. Buatlah sesuatu. Share your authenticity. Kita butuh pekerja yang menciptakan sesuatu. Oenulis yang menginformasikan, mengedukasi kita dengan kreatifitasnya. Pengusaha yang membuat sesuatu, freelancer yang mendesain sesuatu. Orang-orang dengan kreatifitas tertentu yang memilih untuk membaginya bersama kita, walaupun sebenarnya belum sempurna.

Kita butuh pebisnis professional yang cukup berani untuk memulai proyek-proyek sosial. Kita butuh seorang ayah yang bisa tinggal di rumah dan menulis novel, hahaha. Kita butuh lebih banyak creator, bukan lebih banyak consumer.

Berilah diri kita waktu untuk mencari sesuatu yang memungkinkan untuk dibuat, sekecil apapun kreasi itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s