Pikiran Seperti Sushi

pexels-photo-59782Gimana kalau restoran-restoran penjual Sushi mengubah cara kita memakan Sushi nya? Restoran Sushi yang ada Sushi berjalan di atas conveyor nya ya. Gimana kalau mereka memaksa kita, memaksa dengan Samurainya haha, untuk makan setiap Sushi di atas conveyor yang lewat di depan kita. Dan kita ngga boleh pergi, sampai semua Sushi habis.

Di saat-saat pertama mungkin okay saja. Mungkin kita lagi lapar waktu pertama kali duduk di situ. Dan mungkin beruntung karena yang lewat duluan adalah Sushi yang kita suka.

Tapi kemudian, kita perut kita mulai terisi. Dan tiba-tiba, Sushi-Sushi lezat tersebut berubah menjadi ancaman yang menakutkan. Dan kita mulai mendapat Sushi-Sushi yang tidak kita sukai. Setelah perut kita terisi dengan kapasitas penuh, kita akan berakhir muntah dan pingsan di lantai restoran.

Inilah bagaimana saya melihat kebanyakan dari kita meng-handle pikiran. Kalau tadi kita punya Sushi yang berjalan di conveyor, sekarang kita punya pikiran yang juga berjalan melewati kita. Kita ngga bisa memilih pikiran mana yang lewat, tergantung chef nya. Tapi kita bisa memilih mana yang mau dikonsumsi.

Masalahnya adalah kita memiliki aturan yang salah di dalam pikiran kita. Seolah seperti kita harus melakukannya seperti contoh Sushi di atas, mengkonsumsi setiap Suhsi yang lewat. Dan kemudian kita dengan mudah akan kembung, jijik, dan muntah.

Pikiran itu seperti Sushi yang berjalan. Yang ngga enak ya ada di sana. Akan selalu ada di sana. Tapi kita ngga harus memakannya. Biarkan ia mengalir melewati kita.

Free thinking. What a beautiful gift it is.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s