Kepercayaan

art-broken-explosion-glass

Butuh bertahun-tahun untuk membangunnya, dan hanya dengan satu detik dia bisa hilang.

Sangat mudah untuk berjanji kepada seseorang. Seperti “duh lupa bawa kartu nama saya, nanti saya kirim lewat e-mail ya” atau “ya nanti saya hubungkan kamu dengan dia”. Kemudian kita tidak melakukannya. Sepertinya bukan suatu hal yang besar. Kita sibuk, kita tidak punya waktu. Masalahnya adalah, sebenarnya itu adalah hal besar. Kepercayaan sangat mudah untuk dirusak, bahkan dengan hal kecil sekalipun.

Misalnya lagi ada temen yang ngomong ke kita, “jangan bilang siapa-siapa yaa” dan kemudian kita ngomong ke yang lain “eh tapi jangan bilang siapa-siapa ya”, dan begitu seterusnya, sampai semua orang tau.

Sepertinya terdengar mudah tapi sebenarnya sangat sulit untuk tidak berjanji akan suatu hal kecil yang mungkin sebenarnya tidak bisa kita tepati. “I will come back to you”, “I will call you back”, “Saya tidak akan mengulanginya lagi”. Dan kemudian tidak kita lakukan. Saya ngga bicara soal penghianatan atau pengingkaran hal besar di sini, hanya hal kecil yang sering terjadi sehari-hari.

Ketika kepercayaan sudah hilang, tidak perduli mau berapa tahun kepercayaan itu dibangun, akan hilang selamanya. It will never be the same again. That person will always remember even if (s)he says otherwise, trust never comes back.

Saya punya seorang teman yang saya percayai 100%. Saya bisa cerita apapun ke dia. Dia ngga akan cerita hal itu ke siapapun. Butuh beberapa tahun untuk bisa percaya sama dia. Banyak rahasia yang kami ceritakan. Tapi hanya satu saja cela, it’s all gone.

Bukan berarti tanpa cela, saya mencoba untuk terus belajar akan hal ini, dan memang sulit. Saya mencoba untuk menjadi lebih baik lagi, sulit memang jika kita mencoba untuk menjadi orang yang lebih baik. But I think it’s worth it. Trust might be one of the most important and easy to lose connection we have to someone.

Leave a Reply

