3A: Aiports, Airlines, Airplanes

gujpexels-photoTidak banyak, atau mungkin tidak ada yang tau kalau saya suka sekali dengan pesawat. Pesawat Komersil khususnya. You name it, Boeing, Airbus, Embraer, Bombardier, Lockheed, Tupolev, McDonnell Douglas, etc. Tapi herannya saya tidak antusias dengan pesawat tempur, atau pesawat lainnya yang bukan untuk tujuan komersil membawa penumpang.

Anehnya lagi, saya adalah orang aneh. Biasanya kalau seseorang suka sekali dengan sesuatu, dia akan punya banyak atribut mengenai yang dia sukai. Misal orang suka club sepak bola, dia akan punya baju bola nya, punya poster club, nyari-nyari tanda tangan pemainnya, dll. Orang yang suka pesawat pun biasanya mengoleksi miniatur. Saya, tidak sama sekali. Saya tidak pernah punya atau menyimpan atribut/pernak-pernik tentang suatu hal yang saya suka. Maka kamu jangan khawatir kalau saya suka sama kamu, karena saya tidak akan meminta bajumu, pernak-pernikmu, barang-barangmu. Hanya hatimu, dan sedikit cium…. setiap hari hahaa :D

Kenapa saya suka commercial plane? Tentunya whole package dengan airlines yang mengoperasikan pesawat tersebut. Cause I love the experiences of flying. Terbang, dengan pesawat dan airlines tertentu, memberikan pengalaman yang berbeda-beda, dan saya suka itu. Saya suka bagaimana sebuah airlines mendesain pelayanannya, mulai dari corporate identities, corporate culture, ground handling, hospitality, punctuation, loyalty program, connectivity, fleets, alliance, etc. Saya seperti ingin merasakan menggunakan jasa seluruh airlines di dunia ini untuk merasakan pengalaman terbang yang berbeda-beda. Dan, menjadi flying blogger mungkin? Hahaha. But seriously, I want it!

Memang ngapain sih kalo udah terbang? Paling ya tidur kan? Hahaa. Tergantung. Kalo penerbangan reguler yang sering saya lewatin, rutenya sering saya lewatin, airlines nya udah sering saya gunakan, dan memang ngga ada lagi yang bisa di eksplor, yaudah saya tidur aja. Paling pol, baca majalah. Lebih sering lagi, ngelamun. Mikir. Kadang mikir yang positif, kadang hanya sendu melagu. Karena awan-awan cantik itu seperti menentramkan. Tapi kalau pengalaman terbangnya baru, masih baru pertama kali, saya ngga akan tidur. Saya mencoba menikmati semua fasilitas yang diberikan, tanpa lupa tetap sendu melagu :D

Saya sebenernya pengen bikin trip report setiap habis terbang. Tapi seringnya rutenya itu-itu aja dan kurang mengasyikkan. Jadi kurang semangat untuk mendokumentasikan dan menuangkannya ke dalam tulisan. Tapi suatu saat, saya pasti akan memulainya.

Diluar pesawat dan airlines, saya juga suka dengan airports. Karena airports bukan hanya tempat datang dan berangkatnya penumpang. Tapi seluruh bentuk perasaan dan emosi terdapat di airport. Seseorang yang bersemangat ingin travelling. Seseorang wanita yang sedih mengantar lelakinya pergi. Seorang ibu yang mencoba tegar melepas anaknya merantau. Seorang businessman yang diburu waktu terbatas. Seorang pria yang pergi dengan amarah karena terkhianati. Seorang anak yang riang gembira akan menaiki pesawat pertamanya. Seorang tukang sapu yang lelah. Seorang ground staff yang cemas dengan kendala teknis. Seorang supir taksi yang gembira ketika ada pesawat mendarat. Sepasang cinta yang berpelukan erat, karena bisa jadi yang dipeluknya tak lagi akan kembali. Dan tetap ada, seseorang yang hanya bisa menertawakan itu semua.

Airports, airlines, airplanes bagi saya adalah satu paket. Satu paket yang menyajikan pengalaman yang tak akan pernah sama. Airports, airlines, airplanes adalah gambaran kedinamisan hidup yang terus berjalan, maju dan mundur, naik dan turun, di atas dan di bawah, sedih dan bahagia.

Leave a Reply

